Takaran Gula dan Garam yang sesuai untuk dikonsumi sehari-hari

Gula dan garam tak sedikit menjadi musuh bagi berbagai penyakit serius, terutama tekanan darah tinggi dan diabetes. Tapi gula dan garam terus dibutuhkan oleh tubuh. Berapa batas maksimal asupan gula dan garam yang sehat setiap hari?
Takaran Gula dan Garam yang sesuai untuk dikonsumi sehari-hari

Asupan gula dan garam yang sehat dan tidak melebihi batas asupan harian masihlah dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan baik.

Gula atau glukosa berfungsi untuk memberi energi sel-sel tubuh, sedangkan garam atau natrium berfungsi buat mengatur keseimbangan cairan serta mengatur saraf dan otot agar berfungsi dengan baik.

Asupan gula harian

berdasarkan rekomendasi British Nutrition Foundation, batas maksimal asupan gula harian buat orang dewasa normal merupakan 90 gram atau tidak lebih dari setengah cangkir.

Jumlah 90 gram gula tersebut sudah termasuk serta juga seluruh type gula, baik gula murni maupun gula buatan, pula yang berasal dari makanan atau minuman yang mengandung gula.

Seandainya orang mengonsumsi gula melebihi asupan harian yang direkomendasikan, tubuh dapat meningkatkan keluarnya kalsium melalui urine, menyebabkan karies gigi dan sekian tidak sedikit penyakit berat seperti diabetes dan komplikasinya seperti jantung.

Seandainya seseorang mengonsumsi gula lebih dari 100 gram, maka mampu menurunkan kebolehan sel darah putih untuk membunuh bakteri atau virus jahat dalam tubuh se akbar 40 persen. Sistem kekebalan tubuh bisa sejak mulai sejak berkurang 30 menit setelah makanan dikonsumsi dan dapat terus berkurang hingga tatkala 5 jam.

Asupan garam harian

konsumsi garam yang direkomendasikan untuk orang dewasa se besar 6 gram atau setara bersama satu sendok teh.

Dgn mengonsumsi garam 6 gram per hari, bisa mengurangi risiko stroke 13 persen dan risiko penyakit jantung 10 prosen.

Asupan garam memang lah perlu dibatasi biar terhindar dari penyakit tekanan darah seperti stroke dan jantung. Tetapi, terlalu sedikit garam sanggup menyebabkan gangguan mental, ketidakmampuan berkonsentrasi dan dalam kasus yang ekstrem dapat berakibat fatal mengalami hiponatremia.

Pakar kesehatan sepakat buat memberikan rekomendasi penggunaan garam berdasarkan usia, adalah yang merupakan berikut :

0-6 bulan 1 gram
7-12 bulan 1 gram
1-3 th 2 gram
4-6 th 3 gram (setengah sendok teh)
7-10 th 5 gr
11-14 thn 6 gram
Dewasa 6 gram(satu sendok teh).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Takaran Gula dan Garam yang sesuai untuk dikonsumi sehari-hari"

Posting Komentar