Bau Busuk dan Wangi? Bagaimana Hidung Membedakannya

Hidung manusia teramat langsung membedakan mana bau busuk dan wangi. secara Apa sebenarnya caranya hidung manusia bisa mengenali bau yang tidak sedap dan wewangian?

Hidung manusia dapat mencium ribuan bahkan jutaan aroma yang tidak serupa. Namun menurut ilmuwan hidung manusia hanya memiliki kurang lebih 400 type reseptor bau yang tidak serupa, yaitu protein yang menangkap molekul aroma yang dapat diidentifikasi. Sel reseptor itu akan melakukan pencampuran dan pencocokan (mix and match).
 Bau Busuk dan Wangi? Bagaimana Hidung Membedakannya

setiap sel saraf dalam hidung mampu mencium dan mengenali lebih dari satu bau, tetapi dgn puncak bau yang tak mirip. dan keunikan aroma tergantung pada sel-sel yang menanggapinya dan seberapa intens aroma tersebut sering dihirup.

Dengan Trik Apa proses orang dapat mengenali aroma benar benar kompleks, tidak hanya melibatkan indra penciuman tapi juga otak. secara internal, epitel penciuman (selaput lendir) yang terletak di sektor atas dinding kedua rongga hidung merupakan sektor dari hidung yang mendeteksi bau. Epitel ini berisi sekitar 5 juta neuron penciuman.

Setiap neuron dihubungkan melalui sinapsis ke olfactory bulb (bola saraf penciuman), yang adalah sektor dari otak bersama serat panjang yang disebut akson. Di olfactory bulb inilah kesan aroma pertama kali dibuat.

Setelah aroma mencapai reseptor, olfactory bulb sanggup mengirimkan impuls saraf melalui saluran penciuman, talamus (yang selanjutnya mengirimkan impuls ke neokorteks) dan hipotalamus.

Di dalam neokorteks berjalan diskriminasi, persepsi dan menyimpanan memori aroma, yang mengizinkan orang dapat mengidentifikasi aroma yang diciumnya.

Jadi, orang dapat mengenali tak sedikit aroma termasuk membedakan bau busuk dan wewangian bergantung pada memori aroma yang disimpan dan persepsi pada bau tersebut di sektor otak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Bau Busuk dan Wangi? Bagaimana Hidung Membedakannya"

Posting Komentar