Mengenal dan Memahami tentang Fenomena Poltergeist atau Gangguan Hantu

Sejak lama kita sudah mengenal adanya fenomena aneh seperti hunian hantu, pertanda-pertanda kemunculan hantu dan seterusnya. Poltergeist akan dikatakan mengambil kejadian-kejadian aneh tersebut. Poltergeist dalam bahasa Jerman diterjemahkan yang merupakan "roh yg berisik" atau "hantu yg berisik". Parapsikolog menyebut fenomena ini pun sbg "Recurrent Spontaneous Psychokinesis" (RSPK). Tetapi, fenomena apakah sebenarnya poltergeist itu? Bisakah dinalar dengan kiat logika?
Mengenal dan Memahami tentang Fenomena Poltergeist atau Gangguan Hantu

Fenomena Poltergeist mempunyai sekian tak sedikit karakteristik umum antara lain :
1. Tak Sedikit Barang yg bergerak sendiri, bahkan benda-benda yg berat
2. Pintu & jendela yg dibuka/ditutup oleh mahkluk tidak kasat mata
3. Nada erangan, jeritan, ledakan, tumbukan, goresan, ketukan di lantai, pintu, & dinding.
4. Langkah-langkah berat
5. Lokasi tidur yg bergetar
6. Bau busuk
7. Kebakaran misterius
8. Rintangan fungsi peralatan listrik
9. Penampakan & bahkan serangan fisik
10. Lemparan batu, bata, bahkan kotoran.


Poltergeist 
Tanda mula-mula yg umumnya muncul dalam kejadian poltergeist yakni lemparan batu, rumah-rumah korban dibombardir oleh batu atau bata kadang selagi sekian banyak hari(atau bahkan pekan) sebelum fenomena tidak terjelaskan yg lain muncul. Gerakan poltergeist amat sangat amat sangat bisa jadi jadi dalang kekacauan di Hunian Hantu Amityville.

Poltergeist dalam Sejarah 
sebuah point yg teramat utama berkenaan fenomena poltergeist merupakan bahwa beliau sudah muncul sepenjang sejarah dalam tidak sedikit budaya & biasanya mempunyai karakteristik yg sama. Sejarawan kepada abad mula-mula Yahudi, Josephus, menggambarkan fenomena "kepemilikan" yg sekarang ini lebih dikenal juga sebagai poltergeist. Jacob Grimm, posting dalam bukunya Deutsche Mythologie, memaparkan banyaknya kasus, termasuk juga pula pula didalamnya kejadian menyangkut batu-batu yg dilemparkan, orang ditarik keluar dari ruangan tidur, terdengar ketukan & nada keras, dll. Pendeta & penulis Giraldus Cambernsis menggambarkan suatu hunian di Pembrokshire yg ditempati roh jahat, dikatakannya tidak sedikit benda yg dilempar, baju yg dicabik-cabik, & 'roh' bahkan berbicara dengan trik terbuka mengenai rahasia2 orang.

Selama sekian banyak ratus thn terakhir, lebih tidak sedikit kasus terkenal yg berlangsung, termasuk juga kasus 'Tedworth Drummer' di Inggris kepada 1661, di mana satu buah drum yg dipunyai seseorang pengemis yg sedang dipenjara main-main sendiri ditemani fenomena lain seperti kursi yg dilempar, ruangan tidur bersama pelayan di atasnya tiba-tiba terangkat, & tidak sedikit nada menggaruk yg keras.
Kasus Poltergeist Enfield & Mackenzie

Dua kasus modis yg berlangsung yaitu "Enfield Poltergeist" & "Mackenzie Poltergeist".
Enfield Poltergeist ialah serangkaian kejadian poltergeist yg berlangsung di Inggris antara agustus 1977 & september 1978, ditambah ledakan pada Agustus 1980. Fenomena itu terjadi di Enfield London utara disebuah hunian yg disewakan kepada Peggy Hodgson, single parent bersama empat anak. Sewaktu diwaktu tersebut, furnitur pindah sendiri, terdengar nada ketukan di dinding, mainan anak -anak dilemparkan & jadi terlampaui panas apabila disentuh, genangan air di lantai, angin dingin, serangan fisik, munculnya graffiti, malfungsi & kerusakan kepada beragam macam peralatan, & bermacam benda dilempar disekeliling hunian. Sesudah mengahdiri hunian tersebut, George Fallows, satu orang reporter senior buat Daily Mirror, menyarankan biar Society for Psychical Research (SPR) dipanggil untuk menyelidiki.

Enfield Poltergeist 
Serangkaian kejadian menegangkan kepada satu buah kasus yg dikenal serta yang merupakan poltergeist Mackenzie (& konon masih berlangsung) pada 1999 di Greyfriars Kirkyard, Edinburgh. Peristiwa tersebut dipicu oleh seseorang tunawisma yg bermalam di sebuah mausoleum milik Sir George Mackanzie yg wafat kepada 1691. Sir George Mackanzie selagi hidupnya dikenal sbg penganiaya haus darah & aktivis Presbiteraian. Tunawisma tadi tak sengaja menciptakan kerusakan di peti mati Sir Mackenzie, & tiba-tiba dirinya berlari & menjerit sesudah menonton terror di lokasi tersebut. Beliau ditemukan oleh polisi dalam kondisi mengigau. Sejak ketika itu tidak sedikit fenomena aneh terhadap tengah malam hri bermunculan di Kirkyard & tempat sekitarnya.

Mackenzie poltergeist 
Hunian di lebih kurang terganggu oleh benda-benda yg berterbangan. Sedangkan visitor website sendiri mengalami perasaan panas atau dingin yg ekstrim, menderita luka & memar dari penyerang yg tak didapati, tenggorokan mereka dicekik, mantel mereka ditarik, bahkan mereka akan tidak sadarkan diri oleh kebolehan tidak nampak.

Penjelasan Fenomena Poltergeist 
Menjadi apa yg menyebabkan fenomena poltergeist? Tidak Cuma pernyatan palsu & berlebihan yg meski berlaku utk sekian banyak kasus, tak berarti berlaku buat seluruhnya. Teori yg ternama ialah poletergeist disebabkan oleh manusia, terutama perawan remaja. Para peneliti yakin bahwa remaja bermasalah dengan cara tak sadar memanipulasi obyek menggunakan psikokinesis, kategori energi yg dihasilkan otak. Manurut peneliti dari Pusat Penelitian Rhine Institut Parapsikologi di Duke University, Durham, North Carolina, aktivitas poltergeist adalah expresi fisik dari trauma psikologis.

Tapi, penjelasan yg lebih natural tidak jarang jadi penyebab dari fenomena poltergeist. Elektromagnetik Interference (EMI) sudah ditemukan dibalik satu poltergeist. & ada peningkatan jumlah kenyataan yg menunjukkan bahwa faktor itu sanggup memaparkan lebih tidak sedikit kasus.

Mungkin Saja Saja wawasan tersebut dapat meringankan memaparkan kasus poltergeist seperti pada Eleonore Zugun & Carol Compton (baca manusia api). Namun ini tak menjelaskan dgn cara apa daya yg dihasilkan lumayan untuk memindahkan benda-benda seperti furniture yg berat, atau tempat mandi bersama bebatuan, menciptakan objek muncul entah dari mana, atau mengawali kebakaran.
Ada serta jumlahnya kasus poltergeist kepada orang yg tak mempunyai masalah psikologis sama sekali, ada serta fenomena poltergeist kepada suatu keluarga yg bahkan ga ada remaja sama sekali didalamnya. Dulu apa penjelasannya? diluar itu bahwa ada jutaan remaja bermasalah di seluruh dunia, tapi sebahagian agung tersebut tak menyebabkan aktivitas poltergeist. Peneliti lain sudah menunjukkan bahwa entitas roh bertanggung jawab atas poltergeist. Tapi 'roh' dengan cara ilmiah tak dapat diselidiki, walau ada rekaman nada yg menarik dari kasus poltergeist Enfield.

Mengenal dan Memahami tentang Fenomena Poltergeist atau Gangguan Hantu

Namun, apabila kita hitung, kejadian ekstrim yg diduga gerakan poltergeist sendiri yaitu berlebihan. Biarpun begitu, sejauh ini belum ditemukan penjelasan yg pass meyakinkan untuk fenomena poltergeist. Kasus-kasus poltergeist dgn cara signifikan menunjukkan karakteristik yg mirip selama periode disaat yg teramat lama & dalam budaya yg amat sangat tidak serupa. Keanehan & ke-konsistennya mungkin saja saja saja menciptakan poltergeist jadi misteri abadi yg tak bakal dijelaskan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal dan Memahami tentang Fenomena Poltergeist atau Gangguan Hantu"

Posting Komentar