Mendengarkan Orang Curhat membuat Jantung Lebih Sehat

Hipertensi atau tekanan darah tinggi yakni elemen risiko serangan jantung yang gampang-gampang susah utk dikendalikan. Selain dengan obat, tekanan darah juga dapat dikendalikan dengan kebiasaan baik merupakan mendengarkan orang curhat.

Peneliti dari University of Massachusetts, Dr Thomas Houston mengungkap elemen tersebut dalam satu buah eksperimen yang dilakukannya baru-baru ini. Eksperimen tersebut melibatkan 230 orang dewasa dengan riwayat tekanan darah tinggi atau hipertensi.
Mendengarkan Orang Curhat membuat Jantung Lebih Sehat

Para relawan dibagi menjadi 2 kelompok, salah satunya diberi 3 keping DVD yang berisi curahan hati (curhat) penderita hipertensi mengenai upayanya menjaga kesehatan. Kelompok yang lain pula diberi DVD, namun isinya tidak berhubungan dgn kesehatan.

Setelah 3 bulan, para peneliti menemukan perbedaan profil tekanan darah pada kedua group relawan. Kelompok yang melihat DVD 'curhat' bersama trick rutin setiap hari memiliki tekanan darah lebih rendah dan terkontrol di bandingkan kelompok yang menyaksikan DVD biasa.

Kelompok relawan yang menonton DVD orang curhat memiliki tekanan sistolik 6,53-11,21 poin lebih rendah dibandingkan group yang satunya. Sementara untuk tekanan diastoliknya, terhadap kelompok tersebut teramati lebih rendah 3,05-6,43 poin dibanding grup yang lain.

"Saya rasa penelitian ini memperkuat kebenaran bahwa komunikasi positif dapat menunjang sekian banyak orang buat lebih mudah mengontrol kesehatannya," ungkap Dr Houston seperti dikutip dari Time.

Walaupun demikian, efek mendengarkan curhat bagi hipertensi tidak bersi teguh dalam jangka panjang apalagi permanen. Dalam 6 bulan sejak eksperimen tersebut dihentikan, tekanan darah para relawan kembali tidak terkontrol sehingga harus mengkonsumsi obat-obatan seperti sediakala.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mendengarkan Orang Curhat membuat Jantung Lebih Sehat "

Posting Komentar