Masjid 1.300 Tahun dari China Great Mosque of Xian yang bersejarah

Suasana Islam yang kental di China sanggup dirasakan di Xian. banyak warganya umat Islam dan di sana serta ada masjid yang berdiri sejak 1.300 tahun lalu.
Masjid 1.300 Tahun dari China Great Mosque of Xian yang bersejarah

Sejak lalu, Islam konsisten berkembang di Kota Xian, Provinsi Shaanxi, China. Tujuh puluh ribu lebih penduduknya dari Suku Hui menganut ajaran Islam. Dengan banyaknya Muslim di Xian, tentunya ada ruangan ibadah yang dibangun buat beribadah.

Ruangan Ibadah yang bersejarah dan menarik perhatian banyak turis di kota itu merupakan Great Mosque of Xian. Di Lihat dari BBC, Great Mosque of Xian telah berdiri sejak th 724. Pembangunannya mayoritas terjadi diwaktu Dinasti Ming berkuasa dan setelah itu diperluas pada musim Dinasti Qing.

ruang ibadah tersebut luasnya 13 ribu m2 dengan bangunan utama seluas 6 ribu m2. Great Mosque of Xian yang disebut-sebut yg yaitu ruangan ibadah tertua di China ini bangunannya begitu unik. berlainan dgn kebanyakan yang berkubah gede, lokasi ibadah ini berbentuk seperti kelenteng dgn beberapa pagoda yang berfungsi juga sbg menara area ibadah.


Bangunan mutlak terdapat di bidang tengah lokasi masjid, yang terbagi menjadi dua bidang dan dapat menampung sekian tak sedikit ratus jamaah yang mau beribadah di sana. disekitar dinding lokasi ibadah tak sedikit pun kaligrafi yang begitu jelita. Sedangkan di bagian luar bangunan penting ada gerbang pula taman dgn bunga dan pepohonan rimbun.

Tak Hanya itu, ada juga beberapa bangunan yang dimanfaatkan untuk menyimpan benda peninggalan Dinasti Ming. mulai sejak sejak Sejak dari kursi hingga barang pecah belah seperti piring dan guci. Usai melakukan salat, wisatawan pula akan melihat-lihat sekeliling tempat ruangan ibadah yang unik sekaligus elegan itu.

Great Mosque of Xian ini benar-benar lah lah terbuka untuk wisatawan lokal maupun mancanegara. Bagi turis non Muslim pun boleh berkunjung, tetapi dilarang ke bangunan penting atau ruang salat.
Masjid 1.300 Tahun dari China Great Mosque of Xian yang bersejarah

Nah, traveler yang sedang liburan di Xian, tiada salahnya mampir ke area ibadah yang masuk dalam daftar Islamic Heritage List dari UNESCO ini. Tak sulit mencari tempat rumah ibadah tersebut. Letaknya memang lah di tengah kota, dekat kawasan Muslim Quarter yang ternama dengan kuliner halal dan pernak-pernik khas Muslim.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Masjid 1.300 Tahun dari China Great Mosque of Xian yang bersejarah"

Posting Komentar