Blue Mosque di Istanbul Turki Masjid Biru yang indah dan bersih

Ketika mendatangi Blue Mosque di Istanbul, Turki, sempatkan untuk melongok ke langit-langit. Di lingkaran kubahnya, tak ada sarang laba-laba yang mengotori. Hebat!
Blue Mosque di Istanbul Turki Masjid Biru yang indah dan bersih

Normalnya, kubah masjid harus rutin dibersihkan lantaran areanya yang tinggi dan tak terjangkau banyak orang. Namun tidak halnya bersama Area Ibadah Biru di Istanbul, Turki.

Lantaran di sana, Petugas kebersihannya tak perlu memanjat ke lokasi kubah untuk membersihkannya dari sarang laba-laba. Macam Mana mampu seperti itu?  ketika berkunjung ke sana sekian tidak sedikit diwaktu silam, diberi penjelasan oleh pemandu wisata.

Ternyata rahasianya yakni telur burung unta. Para arsitek menempatkan telur tersebut di tengah kubah. Tepat di tengah kubah terbesar yang berdiameter 24 meter, menjuntai rantai panjang. Tiga meter dari titik tengah kubah terdapat chandeliers berbentuk segitiga area meletakkan telur unta di ke3 sudutnya.

Kubah Blue Mosque yang bebas sarang laba-laba Telur burung unta memiliki kandungan zat tertentu yang tak disukai laba-laba. sampai waktu ini serta, telur itu konsisten ampuh mengusir keberadaan laba-laba dari kubah lokasi ibadah tersebut.

Padahal ruang ibadah ini dibangun antara tahun 1609 dan 1616. luar biasa!

Ruang Ibadah ini terletak di kawasan tertua di Istanbul, yang sebelum 1453 adalah pusat Konstantinopel, ibukota Kekaisaran Romawi Bizantium. masjid Biru miliki enam menara, empat di antaranya menjulang tinggi dgn tiga balkon dan dua menara yg lain memiliki dua balkon.

Interior Blue Mosque Menurut histori, arsitektur masjid-masjid di Turki mengikuti dua gaya, yaitu gaya arsitektur Saljuq dan Turki Utsmani. Adapun Ruangan Ibadah Biru mengikuti gaya arsitektur Turki Utsmani.

Pemandangan perdana saat memasuki komplek masjid ini yakni taman bunga yang dilindungi pepohonan. Di bidang interior masjid dihiasi bersama 20 ribu keramik dari Iznik, Turki. Terdapat serta empat pilar akbar dari marmer yang menyerupai kaki gajah.

Cahaya matahari akan leluasa menerobos ke dalam masjid lewat 200 jendela kaca patri yang wana-warni. Ada pula mihrab dari marmer yang dipahat dengan hiasan stalaktit, dan panel ganda di atasnya.

Sampai waktu ini, masjid Biru tetap difungsikan yg ialah tempat ibadah. Setiap Jumat atau Idul Fitri dan Idul Adha, ruangan ibadah ini bakal menampung hingga 10 ribu jamaah.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Blue Mosque di Istanbul Turki Masjid Biru yang indah dan bersih"

Posting Komentar