Jadi Pertanda Maut Saat Kehilangan Kemampuan Indra Penciuman

Kala memasuki usia lanjut orang akan mengalami penurunan fungsi indra. Tetapi yang mengejutkan, studi teranyar menunjukkan bahwa kehilangan kemampuan indra penciuman dikala usia lanjut usia akan menjadi tanda bahwa maut sudah dekat.

tidak ada orang yang sanggup memprediksi kala kematian. Tapi sebuah studi yang dilakukan ilmuwan di Rush University Medical Center di Chicago menemukan sesuatu yang kontroversial mengenai risiko kematian.

Amat Sangat wajar bila orang yang memasuki usia lanjut tak jarang mengeluh penurunan fungsi indra seperti indra penglihatan, pendengaran atau penciuman.

Tetapi ilmuwan menemukan bahwa kehilangan fungsi indra penciuman di usia tua apalagi mengalami kesulitan mengidentifikasi bau yang akrab dalam kehidupan sehari-hari, akan dikaitkan bersama peningkatan risiko kematian.

Tim ilmuwan dari Rush University Medical Center menggali ilmu lebih dari 1.000 partisipan dengan objek 12 tipe bau-bauan. Seluruh partisipan masihlah dipantau hingga empat tahun.

Ilmuwan menuturkan bahwa tak satu pula partisipan mengalami dementia (kepikunan) atau penyakit Parkinson.

Dalam musim penelitian, 321 orang atau kira kira 27,6 % meninggal dunia. Hebatnya, ilmuwan menemukan bahwa risiko kematian 36 persen lebih tinggi pada partisipan yang hanya bisa mengidentifikasikan 6 dari 12 type bau-bauan yang diberikan.

"Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan mengidentifikasi bau yang akrab di hidung disaat usia sepuh bisa dikaitkan dengan peningkatan risiko kematian," jelas Dr Robert Wilson, pemimpin studi,

Menurut ilmuwan, keterkaitan ini menjadi masuk akal waktu kecacatan, depresi, disfungsi otak dan aktivitas rekreasi ikut diperhitungkan kepada orang di usia lanjut.

Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam jurnal Chemical Senses edisi Januari 2011.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Jadi Pertanda Maut Saat Kehilangan Kemampuan Indra Penciuman"

Posting Komentar