Cerita tentang Masjid Nabawi yang Mungkin Kamu Belum ketahui

Salah satu tempat ibadah elegan yang paling disucikan umat Muslim dunia adalah Ruangan Ibadah Nabawi di Madinah. Di balik kecantikannya, terselip bermacam macam hal menarik.
Area Ibadah Nabawi di Madinah, Arab Saudi yakni salah satu ruang ibadah yang didirikan oleh Nabi Muhammad SAW. Seperti yang telah banyak ketahuan, lokasi ibadah ini menjadi paling gede kedua di dunia setelah Masjidil Haram di Mekkah. Rumah ibadah tersebut juga yakni tujuan bagi umat yang ingin ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW dan para sahabat.
Cerita tentang Masjid Nabawi yang Mungkin Kamu Belum ketahui

Tak Hanya kedua fakta tersebut, ada informasi-informasi lain yang membuat lokasi ibadah ini begitu spesial. Dikumpulkan  dari beraneka ragam macam sumber, inilah 11 elemen menarik berkenaan Area Ibadah Nabawi yang mampu menjadi traveler belum tahu :

1. Factor unta Nabi Muhammad SAW

Sebelum menjadi ruang ibadah yang begitu besar seperti disaat ini, lalu Nabawi yaitu lahan kosong bersama sejumlah pohon kurma yang tumbuh di atasnya. Ruang pembangunan masjid ini merupakan ruangan pemberhentian pertama unta yang ditunggangi Rasulullah ketika tiba di Madinah.

2. Pernah terbakar api

beberapa ratus tahun setelah didirikan, Lokasi Ibadah Nabawi sempat terbakar. Api yang berkobar menghancurkan atap, tiang masjid hingga dinding pembatas makam Nabi Muhammad SAW. Tapi setelah itu, rumah suci itu segera direnovasi oleh para pemimpin negara Muslim.

3. Area perdana yang dialiri listrik di Jazirah Arab

Dikala Kerajaan Ottoman memperkenalkan listrik di Jazirah Arab, tempat pertama yang menikmati listrik merupakan masjid Nabawi. Ruang Ibadah ini mulai sejak menyala kurang lebih thn 1909.

4. Saat Ini ukuran masjid lebih luas dari kota kuno Madinah

Diwaktu pertama kali dibangun oleh Rasulullah, masjid Nabawi berukuran kira kira 50 meter x 50 meter. Namun seiring perkembangan zaman, pun makin tak sedikit jamaah yang datang, masjid masih diperluas.

kini luasnya mencapai lebih dari 100 ribu meter persegi. masjid Nabawi sendiri saat ini bahkan berkali-kali lipat lebih luas dari Kota Madinah di masa lampau. Ukurannya ialah makam Baqi yang pada masa nabi disebut ada di pinggir Madinah, tapi kala ini lokasinya sudah dekat dengan Ruang Ibadah Nabawi.

5. Ada makam kosong di tempat Nabi

Adanya makam kosong yang berdekatan dengan lokasi Nabi Muhammad SAW dan para teman dikebumikan ini telah lama melegenda. Berita tentang makam kosong itu sebenarnya disiapkan untuk Nabi Isa AS serta masih simpang siur.

6. Kubah masjid dulunya sempat berwarna ungu

Kubah terkenal di Lokasi Ibadah Nabawi pernah dicat berwarna ungu sekitar 150 tahun dahulu. Ungu dipilih sebab kabarnya masyarakat Arab di wilayah Hijaz menyukai warna tersebut.

7. Punya tiga mihrab

Mihrab ialah sektor dari masjid yang dipakai imam utk memimpin salat. rata-rata masjid mempunyai 1 mihrab saja, tapi tidak dgn Nabawi. Ada tiga mihrab di sana.

Satu mihrab yang saat ini digunakan sang imam pemimpin salat berjamaah. Mihrab yg lain yaitu Suleymaniye yang dibangun atas perintah Sultan Suleyman utk imam Hanafi memimpin solat. Sedangkan satu lagi merupakan mihrab untuk imam Maliki yang dulunya sering ditempati Rasulullah buat memimpin salat.

8. Isi barang di kamar Fatimah kini ada di Istanbul

Banyak Barang milik Nabi Muhammad SAW dulu disimpan di dalam kamar Fatimah. Disaat Madinah dikepung waktu Perang Dunia I, panglima Ottoman memerintahkan buat memindahkan barang tersebut ke Istanbul. sekarang benda-benda dari kamar fatimah bisa dilihat di Museum Topkapi di Istanbul, Turki.

9. Tak Sedikit tanda rahasia

Ternyata, beberapa sudut Ruang Ibadah Nabawi memiliki tanda rahasia. Sekian Tidak Sedikit pilar ditandai bersama trick khusus utk mengingatkan area itu di musim dahulu adalah ruangan yang mutlak. Tak Sedikit jamaah yang tidak mengetahui aspek ini.

10. Payung raksasa dibuat bersama kerja sama perusahaan Jerman dan Jepang

Di pelataran masjid Nabawi ada puluhan payung raksasa yang automatic terbuka sebelum adzan subuh dan tertutup menjelang magrib. Payung-payung itu ditempatkan pada 2010 yang merupakan proyek Medina Haram.
Cerita tentang Masjid Nabawi yang Mungkin Kamu Belum ketahui

Proyek tersebut melibatkan beraneka ragam pihak termasuk juga pula arsitek SL-Rasch, Menteri Perekonomian Arab Saudi, pabrik payung Jerman ialah Liebherr pula perusahaan Jepang bernama Taiyo Kogyo.

11. Pita yang bisa menurunkan suhu

Terhadap pinggir payung raksasa, ada pita biru yang mengelilinginya. Pita itu terbuat dari material khusus, di mana si pita sanggup membuat suhu di bawahnya turun 8 derajat Celcius dgn trick otomatis. ditengah suhu kira kira yang bisa mencapai 45 derajat, tak heran banyak jamaah yang menyukai berlindung dibawah payung-payung itu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cerita tentang Masjid Nabawi yang Mungkin Kamu Belum ketahui"

Posting Komentar