Enam Masjid Teindah di Timur Tengah

Negara-negara di Timur Tengah mempunyai beraneka bangunan tempat ibadah luar biasa. Masjidnya demikian jelita baik sektor luar ataupun dalam & nyaman untuk ibadah.

Sebut saja Jumeirah Grand Mosque yg total bagiannya dibuat dari batu putih bergaya abad pertengahan, atau Sultan Qaboos Grand Mosque di Oman yg punya lampu chandelier berhias kristal Swarovski. Semuanya tampak memesona, terlebih ketika hri sejak mulai gelap & lampu lokasi ibadah dinyalakan. Hunian ibadah tersebut sanggup menyala bersama indahnya.

Dirangkum  berikut 7 ruang ibadah paling cantik di Timur Tengah :

1. King Abdullah Mosque, Yordania
 Enam Masjid Teindah di Timur Tengah

King Abdullah Mosque berdiri di Amman, Yordania sejak kira kira thn 1989. Salah satu sektor tempat ibadah yg demikian memesona merupakan kubah biru dgn diameter 35 meter yg dibangun diatas ruangan salat. Kubah ini berhias ayat-ayat Al Quran di beraneka ragam sisinya.

Di dalam tempat ibadah dibuat satu buah museum Islam yg berisi koleksi foto & benda personal milik Raja Abdullah I. Ukiran batu juga koin-koin juga ikut dipajang di sana. Tempat Ibadah ini boleh dikunjungi turis non Muslim & turis wanitanya mesti mengenakan kerudung jika mau masuk.


2. Sultan Qaboos Grand Mosque, Oman
 Enam Masjid Teindah di Timur Tengah

Di ibukota Omas adalah Muscat, dibangun tempat ibadah penting dalam Kesultanan Oman, Sultan Qaboos Grand Mosque. Tempat Ibadah dibangun dengan 300 ribu ton batu paras India. Di atas ruang utama ruang ibadah dibuat kubah mutlak dgn tinggi 50 meter dari lantai basic.

Utk mempercantik ruangan ibadah, dibangun satu menara penting setinggi 90 meter & empat menara mungil setinggi 45,5 meter. Yg tidak kalah menarik yaitu, di dalam tempat ibadah ada karpet tenun & lampu chandelier paling besar ke-2 di dunia. Lampu chandelier ini beitu cantik bersama lapisan kristal Swarovski.


3. Saleh Mosque, Yaman
 Enam Masjid Teindah di Timur Tengah

Nama Saleh Mosque diambil dari nama Ali Abdullah Saleh, satu orang Presiden Yaman. Area Ibadah tersebut berdiri di Kota Sanaa, Yaman dgn luas tempat 27 ribu m2. Hunian ibadah tersebut dibuat dengan arsitektur Yaman & Arab.

Kecantikan ruangan ibadah ini tidak jarang di bandingkan bersama segi menawan dari Masjidil Haram di Mekkah. Saleh Mosque sendiri mempunyai atap kayu & 7 kubah. Lantainya berlapis marmer & sekian banyak lampu chandelier terpasang di beraneka sisi ruang ibadah.

4. Jumeirah Grand Mosque, UEA
 Enam Masjid Teindah di Timur Tengah

Berbicara mengenai bangunan megah nan jelita, rasanya tidak dapat lepas dari Dubai di Uni Emirat Arab (UEA). Dubai mempunyai Jumeirah Grand Mosque yg didirikan th 1976.

Ruang Ibadah tampak berwarna putih gading lantaran memang lah dibuat dari batu putih dalam kebiasaan Fatimiyah abad pertengahan. Ada menara kembar yg tinggi menjulang bersama kubah agung terhadap sektor tengahnya. Salah satu landmark Dubai tersebut demikian luas maka sanggup menampung 1.200 jamaah.

Jumeirah Grand Mosque disebut-sebut yang merupakan tempat ibadah yg paling tidak sedikit dipotret di seluruh Dubai saking cantiknya. Hunian ibadah ini juga terbuka utk turis non Muslim. Sedia tur ke dalam tempat ibadah yg diadakan oleh Sheikh Mohammed Centre.


5. Sheikh Zayed Grand Mosque, UEA
 Enam Masjid Teindah di Timur Tengah

Masihlah di UEA, ada Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi yg dibangun sejak thn 1996 sampai 2007. Pembangunan tempat ibadah diinisiasi oleh Presiden UEA yg namanya difungsikan yang merupakan nama ruang ibadah, Sheikh Zayed Badan Intelijen Negara Sultan Al Nahyan.

Sheikh Zayed Grand Mosque jadi tempat ibadah paling besar di UAE bersama luas area mencapai lebih dari 12 hektar. Rancangan ruang ibadah yakni gabungan dari arsitektur Persia, Arab, Mughal & Moor, yg menjadikannya tampak demikian menakjubkan.

Bangunannya kelihatan berwarna putih dengan 82 kubah & 4 menara yg tingginya 107 meter. Terhadap bidang halaman ruang ibadah berlapis marmer dgn hiasan mozaik yg disebut-sebut serta juga sebagai mozaik marmer paling besar di dunia.

Area Ibadah cantik ini lebih sering dikunjungi turis dari beraneka ragam negeri di dunia. Termasuk Juga Pula Juga artis-artis seperti Selena Gomez & Rihanna yg pernah dikritik karena dianggap berpakaian seksi waktu berfoto di depan tempat ibadah.

6. Grand Mosque, Kuwait
 Enam Masjid Teindah di Timur Tengah

Grand Mosque yg dibangun di atas lahan seluas 45 ribu m2, membuatnya jadi ruangan ibadah paling akbar di Kuwait. Area Ibadah tersebut mempunyai menara yg bergaya Andalusia, sedangkan kubahnya bersama diameter 26 meter demikian cantik dgn berhias Asmaul Husna atau 99 Nama Allah.

Ruang salatnya memiiki 144 jendela & pintu-pintunya dibuat dari kayu jati. tempat ibadah ini dapat menampung sampai 10 ribu jamaah laki laki di area salat utama & 950 perempuan di ruangan yg terpisah.


7. Imam Muhammad ibn Abdul Wahhab Mosque, Qatar
 Enam Masjid Teindah di Timur Tengah

Kepada tahun 2011 dulu, Imam Muhammad ibn Abdul Wahhab Mosque baru diresmikan. Ruangan Ibadah dibangun dgn arsitektur Arab tradisional bercampur fitur-fitur canggih. Kubahnya tidak cuma satu, melainkan ada 28 kubah gede diatas balai mutlak & 65 kubah di sektor luar.

sekitar 13 ribu jamaah dapat salat berjamaah dalam tempat ibadah, dgn ruang perempuan & laki-laki yg dipisah pastinya. Waktu tengah malam tiba, dgn tata lampu yg sedemikian rupa menciptakan area ibadah tampak semakin menakjubkan.




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Enam Masjid Teindah di Timur Tengah"

Posting Komentar