Resep Cara Membuat Cilok dengan mudah Enak dan Kenyal

Resep kiat cara membuat cilok - Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Berbentuk bulat, kenyal dan memiliki rasa yang khas membuat tak sedikit orang amat sangat mengidolakan makanan ini. Kala saya konsisten duduk di bangku sekolah dasar,hampir setiap waktunya istirahat sekolah, cilok selalu menjadi jajanan rutin saya.Sampai waktu ini juga, saya senang sekali dengan makanan berbentuk bulat ini.
Resep Cara Membuat Cilok dengan mudah Enak dan Kenyal
Resep Cara Membuat Cilok dengan mudah Enak dan Kenyal
Resep Cara Membuat Cilok dengan mudah Enak dan Kenyal
Resep Cara Membuat Cilok dengan mudah Enak dan Kenyal 

Kepada artikel resep sebelumnya, sayapernah berbagi resep kiat membuat nasi goreng istimewa . Mungkin Saja anda dapat memadukan kedua makanan ini menjadi makanan yang so yummy di mulut. Well, berikut langkah-langkah mudah secara bagaimana cara membuat cilok :

Bahan :

250 ml air kaldu ayam atau sapi
125 gram tepung terigu serba guna
200 gram tepung tapioka/ sagu/ kanji
2 - 3 sendok teh garam
1 ½ sendok teh merica bubuk
4 siung bawang putih (dihaluskan)
3 batang daun bawang rajang (dihaluskan)
2 butir telur


Resep Trik cara Membuat Cilok yang Enak dan Kenyalnya Bikin Ketagihan

Langkah-langkah Membuat Cilok

Pertama-tama, siapkan panci anti lengket.Kemudian masukkan air kaldu, bawang putih, garam, dan merica.
Rebus sampai air kaldu mendidih menggunakan api sedang. Jikalau air kaldu sudah mendidih, silakan matikan kompor dan masukkan tepung terigu.
Seterusnya, aduk adonan hingga padat dan menggumpal memanfaatkan spatula/ sendok kayu. Setelah Itu hidupkan kembali kompor dan masak adonan selama 1 menitdengan api kecil sambil diaduk.
Diamkan adonan sampai dingin. Dilanjut dgn memasukkan telur, tepung tapioka, dan sertabawang ke dalam adonan, kemudian aduk hingga tercampur rata dan uleni adonanmenggunakan jemari tangan anda.
Jika tangan terasa lengket, jangan berfikiran untuk melanjutkan tepung atau sejenisnya ke dalam adonan. Cukup bersama menaburi tangan anda bersama tepung tapioka,kemudian lanjutkan kembali proses menguleni adonannya hingga kalis.
Ambil 1 sdt adonan dan bentuk bulat adonan memanfaatkan tangan anda. Bentuk bulat semua adonan, kemudian letakkan adonan yang sudah dibulatkan tadi diatas loyang.
Siapkan panci dan isikan dengan air yangbanyak. Rebus adonan cilok dalam air mendidih hingga mengapung dan ukurannya menjadi lebih besar.
Selanjutnya, masukkan air rebusan cilok tadi ke dalam dandang kukusan. Letakkan saringan dandang, dan masukkan cilok di atasnya. Sesudah Itu kukus cilok hingga warnanya menjadi sedikit transparan, kira-kira membutuhkan saat 15-20 menit.
Matikan kompor dan biarkan cilok tetap dalam dandang kuskus supaya masihlah hangat dan lebih enak di santap. Seperti biasa, tidak afdol jikalau cilok tanpa sambal.Silahkan tambahkan serta sambal favoriteanda, entah itu sambal rujak atau sambal kacang. : )

Apabila sambal favorit saya yang biasa saya padukan dengan cilok yaitu saus sambal kacang. Kenyalnya cilok yang menggoda ditambah dgn sambal kacang yang....
Berandai-andai melulu nih, okey silakan anda serentak menuju dapur anda, mencoba resep makanan ini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Cara Membuat Cilok dengan mudah Enak dan Kenyal "

Posting Komentar