Agar Selamat Lakukan 4 Hal Penting Ini Dalam Keadaan Darurat di Atas Kapal

tanda alarm keadaan darurat kapal
Tanda alarm keadaan darurat kapal
SAILOR STORIES - Turut prihatin atas banyaknya musibah kapal tenggelam yang melibatkan masyarakat sipil sebagai penumpang kapal ataupun crew kapal itu sendiri. Korban yang berjatuhan pun tidak sedikit, dan ini sungguh membuat sedih kami sebagai pelaut. Bukan ingin mendahului kehendak tuhan, tapi disini kami ingin memberikan cara menghadapi dan bertahan hidup saat kapal yang kita tumpangi menghadapi kejadiaan yang tidak di inginkan seperti tabrakan, kebakaran, kandas terlebih lagi harus terjun kelaut untuk meninggalkan kapal atau istilahnya abandon ship.

Keadaan darurat di atas kapal terbagi atas dua faktor, faktor alam dan kesalahan manusia atau human error sehingga terjadi musibah. Untuk itu jika anda sebagai pengguna transportasi kapal laut sebaiknya mengetahui cara agar selamat pada saat kapal yang anda tumpangi mengalami musibah.

Ada empat hal penting yang harus anda lakukan agar selamat dalam keadaan darurat kapal

Tanda alarm
Ada banyak tanda alarm pada saat kapal mengalami masalah, seperti kebakaran, orang jatuh kelaut, kandas, pembajakan, meninggalkan kapal ( abandon ship ). Namun sebagai penumpang kapal anda harus mengetahui dan paham berapa dan seperti apa tandanya penumpang kapal serta crew kapal harus menginggalkan kapal yaitu tujuh pendek satu panjang suara suling kapal atau klakson kapal.
Tempat penyimpanan pelampung ( life jacket )
Ya pelampung kelihatanya sebagai alat sederhana apalagi untuk orang yang bisa berenang, tapi manusia punya batas kekuatan fisik saat terapung di laut, sehingga pelampung wajib untuk semua penumpang kapal dan crew kapal. Anda harus tau dimana lokasi tempat penyimpanan pelampung ( life jaket ) di kapal, jadi sebaiknya setelah anda masuk di ruang akomodasi tanyakan kepada crew kapal dimana letak life jacket terdekat dari tempat anda.
life jacket
Life jacket ( pelampung penolong )
Lokasi muster station
Tempat aman dimana anda harus meninggalkan kapal dengan selamat, atau biasa disebut stasiun embarkasih. Muster station ditandai dengan sebuah sekoci atau perahu kecil bermotor dan life raft atau tabung kapsul yang akan mengembang menjadi perahu karet saat kapsul dilemparkan kelaut. Lokasi muster station sendiri berada dilantai atas, satu lantai sebelum anjungan ( brige ).
lokasi muster station
Lokasi muster station
Ikuti petunjuk crew kapal
Dalam keadaan darurat sebaiknya kurangi rasa panik dan cobalah untuk tetap fokus serta mengikuti petunjuk crew kapal, karena setiap crew kapal sudah dibekali ilmu tentang prosedur evakuasi penumpang saat keadaan darurat, terlebih lagi harus meninggalkan kapal. Panik justru akan membuat keselamatan semakin terancam. Contohnya ; saat terjadi keadaan darurat orang yang panik akan berlari menuju kelantai bawah kapal agar bisa menyelamatkan diri, itu jelas tindakan yang salah. Jika kapal akan tenggelam, maka lantai bawah bagian kapal yang akan lebih dulu terendam air, jadi harus menuju lantai atas tempat muster station berada.

Baca juga ; 5 Alasan Pelaut Tidak Ingin Berdemo Menuntut Standarisasi Upah 

Contoh lainnya ; sebaiknya tidak langsung melompat kelaut sebelum ada perintah dari crew kapal atau sekoci diturunkan, sehingga bila anda terpisah tidak naik sekoci akan menyulitkan tim penolong menemukan anda, karena kekuatan pelampung hanya bertahan selama dua hari untuk menjaga agar tubuh tetap diatas air
petunjuk crew kapal
Petunjuk crew kapal

Tips bertahan hidup saat terapung di lautan

3 tips bertahan hidup saat anda terapung dilautan wajib anda ketahui dan pahami.
- Jangan lakukan gerakan berlebihan atau berteriak untuk meminta tolong karena akan membuat tubuh kehilangan banyak energi sehingga mengalami hipotermian yang menyebabkan kematian
- Membawa botol berisi air mineral, karena bukan hanya untuk minum botol air ini bisa menolong anda untuk mengapung jika sampai lebih dari dua hari anda belum ditemukan oleh tim penolong.
- Usahakan tidak terpisah dengan orang lain, namun jika anda terpisah dan mengapung sendiri lakukan tehnik mengapung dengan sedikit gerakan. Caranya posisikan tubuh anda dalam keadaan terlentang dan tunggu sampai bantuan datang.

Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Agar Selamat Lakukan 4 Hal Penting Ini Dalam Keadaan Darurat di Atas Kapal"

Posting Komentar